Apa itu Cloud Computing ?

Hmm, setelah melihat perbedaan dari Cloud Storage dan Storage Computing, maka boleh disimpulkan bahwa Cloud Storage lebih kepada penggunaan sederhana dari Cloud, sementara Cloud Computing lebih untuk kebutuhan lebih canggih dan lebih berfokus kepada kebutuhan bisnis dan aplikasi.

Oke mari kita lihat Cloud Computing ini.

Pengertian umum

Cloud Computing merupakan gabungan sumberdaya dan teknologi di Internet yang digunakan untuk melakukan proses bisnis secara digital dan pengembangan aplikasi yang membutuhkan komputasi.

Sepertinya penjelasannya sangat sangat manis, bombastis, dan juga krinyis-krinyis.

Tetapi memang begitu kenyataannya.

Secara sederhana Cloud Computing artinya semua proses dan penyimpanan oleh aplikasi dilakukan di server yang tersedia melalui Internet. Termasuk di dalamnya proses pengembangan aplikasi, proses pengaturan sumber daya aplikasi, dll.

Loh, lantas apa kelebihannya dibandingkan dengan aplikasi yang sudah ada ?

Bukankah hampir semua aplikasi sebelum Cloud Computing ini juga melakukan semuanya di server ??

Yaa, tentu saja hampir sama, tetapi sekarang yang namanya Cloud Computing ini ada yang namanya fasilitas tambahan yaitu bisa diakses melalui Internet dan juga ada Otomatisasi dalam mengelola servernya.

Bisa diakses melalui Internet dan bisa mengatur server, jaringan, dan storage secara otomatis menjadi keunggulan dari teknologi Cloud Computing ini.

Bagaimana caranya agar server, jaringan, dan storage tersebut bisa diatur secara otomatis ?

Tentu saja dengan menggunakan aplikasi lain untuk mengelolanya. Bisa menggunakan aplikasi Open Source seperti Puppet, Ansible, ataupun menggunakan aplikasi sendiri berupa teknologi software atau hardware seperti yang dilakukan oleh AWS.

Otomasi dan kemudahan akses dalam mengelola server, jaringan, dan storage ini pada akhirnya membuat produk dan aplikasi yang dibuat menjadi lebih mudah dalam hal deployment, lebih lincah dalam development, dan lebih murah dari segi biaya.

Hal-hal diatas tersebut menjadi pemicu terkenalnya teknologi Cloud Computing di tahun-tahun terakhir ini. Bukan hanya perusahaan rintisan / startup saja yang akhirnya familiar dengan teknologi-teknologi ini, akan tetapi perusahaan-perusahaan korporasi turut berpindah ke teknologi ini agar tidak ketinggalan dan memperkuat sistim digital mereka.