Pendahuluan

Apa yang kita kenal sebagai Linux sebenarnya adalah kumpulan aplikasi open-source yang terdiri dari 2 bagian penting :

  1. Kernel, atau operating systemnya, yaitu bagian yang berkomunikasi dengan hardware komputer. Kernel ini berkaitan dengan manajemen memori, manajemen disk dan manajemen proses, dll. Kernel Linux ini dibuat dan didesain oleh Linus Torvald pada tahun 1991.
  2. Software tambahan yang dibuat diatas Kernel Linux. Bisa berupa aplikasi command line, antarmuka pengguna, manajemen instalasi, text editor, menampilkan gambar, webserver, dll.

Mengapa Linux banyak sekali jenisnya, ada RedHat, Fedora, Ubuntu, CentOs, dll.

Sebagaimana yang ditampilkan diatas, kernel Linux bukanlah sesuatu yang menarik karena terlalu low level. Yang menarik adalah aplikasi-aplikasi yang dibuat diatasnya, seperti tampilan, text editor, webserver, dll. Dan beruntungnya adalah semuanya bersifat Open-Source.

Perusahaan, individu, ataupun komunitas bisa membuat aplikasi open source diatas Kernel Linux tadi.

Paket Kernel + aplikasi kustomisasi diatasnya itu disebut sebagai Linux Distribution. Itulah yang kita kenal dengan nama RedHat, Fedora, Ubuntu, CentOs, dll

Ada sekitar 600 an Linux Distribution yang ada di dunia ini, tapi cuma sedikit yang terkenal.

  1. RedHat, biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar. RedHat terdiri dari versi gratis dan berbayar/commercial. Berbayar untuk biaya support dari RedHat.
  2. CentOs, berbasiskan RedHat, tetapi gratis.
  3. Fedora.
  4. Debian.
  5. Ubuntu.
  6. dll.

Diagram ilustrasi kelompok distribusi Linux

graph LR A[Linux] -->B(Red Hat) A[Linux] -->C(Debian) subgraph RedHat Family B -->G(RedHat Enterprise) B -->H(Fedora) B -->I(CentOS) end subgraph Debian Family C -->J(Debian) C -->K(Ubuntu) end