Apa itu Code Review

Code Review is a software quality assurance activity in which one or several people check a program mainly by viewing and reading parts of its source code. (Code Review - Wikipedia)

Sumber lain :
Code Review

Dengan kata lain :

Code Review adalah aktifitas mengecek dan memberikan feedback untuk source code. Dilakukan oleh satu atau lebih orang selain penulis source code.

Aktifitas Code Review ini penting dilakukan karena :

  1. Untuk sharing knowledge.
    Sharing knowledge ini penting karena tim Agile bukanlah tim yang sifatnya perseorangan. Tetapi lebih kepada komunal yang pengetahuan tentang product, proses, dan code di ketahui dan disepakati oleh kebanyakan anggota tim. Dengan Code Review ini, tentunya makin banyak anggota tim yang mengetahui flow, proses, best practice yang didapatkan dari mereview source code orang lain.

  2. Menaikkan standar dalam membuat code sebelum direview oleh orang lain
    Dengan adanya code review, maka seakan-akan ada “tekanan” untuk mempertahankan kualitas code kita, karena kita tahu source code kita akan direview oleh orang lain.

  3. Meningkatkan “ownership” terhadap source code
    Source code yang ada di dalam tim adalah milik tim, dan bukan milik perseorangan. Salah satu caranya dengan melakukan code review. Beberapa orang akan mereview code, mengerti isinya dan kemudian juga tidak sungkan merubah code orang tersebut, karena sudah pernah dilihat dan direview sebelumnya.

  4. Membiasakan belajar dari orang lain berupa saran dan usulan.
    Code Review merupakan implementasi dari konsep belajar secara berkesinambungan bagi Software Engineer. Dengan code review, akan banyak saran, usulan, dan belajar baik bagi yang direview code nya atau yang melakukan review.