Pendahuluan

Apa saja prediksi Trend IT Software Engineering tahun 2022 ini bisa dilihat di sini

Coba kita lihat trend nomor dua, yaitu mengenai Cloud Computing.



2. Cloud computing akan semakin dipilih sebagai platform pengembangan aplikasi.


Pengenalan terhadap Cloud Computing bisa dilihat di sini

Kenapa cloud computing menjadi trend belakangan ini dan akan berlanjut tahun-tahun kedepannya ?

Cloud Computing merupakan solusi praktis bagi tim development aplikasi dalam mengembangkan solusinya.

Tidak perlu bersusah payah membeli dedicated server, atau menyewa VPS server, atau membuat Virtualization sendiri di atas server di datacenter.

Hal diatas yang sering membuat proses development sebuah aplikasi menjadi terhambat dan butuh kalkulasi dan administrasi yang tidak mudah.

Dengan cloud computing, cukup daftar, login, kemudian pilih komponen yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan.

Lalu jalankan.., dan kita sudah bisa membuat aplikasi yang kita inginkan.

Fitur Virtualization Server, Database, Fungsi, Gateway, IoT, Security, Logging, Monitoring, Containerization, dll, semuanya tersedia dengan hanya beberapa kali klik saja.

Masing-masing fitur mempunyai harga yang umumnya dihitung seperti eceran, dan dihitung ketika digunakan saja.

Walaupun ada juga tentunya yang dihitung dengan paketnya.

Kalkulasi secara eceren dan harganya diperhitungkan hanya ketika digunakan saja inilah yang membuat tidak diperlukan investasi besar di awal ketika melakukan deployment aplikasi yang diinginkan.

Tentu saja ini sangat memudahkan dan memurahkan biaya bagi tim development aplikasi.


Selain itu dengan memakai cloud computing, terdapat otomasi di sisi infrastruktur aplikasi kita, termasuk didalamnya otomasi proses, update/upgrade security patch, otomasi proses bisnis, otomasi alerting, dll.

Otomasi ini juga meringankan beban dari perusahaan , dan lagi-lagi bisa menurunkan biaya pemeliharaan server dan proses yang biasanya ditemui ketika kita menggunakan dedicated server di datacenter.

Penghematan biaya, otomasi, dan kemudahan pengoperasian dan pemilihan fitur mungkin menjadi alasan utama bagi Tim development aplikasi untuk menggunakan layanan dari cloud computing.


Really ? seserius itu kah ?

Tentu saja, di perusahaan-perusahaan teknologi sudah duluan menjadikan cloud computing ini sebagai backbonenya mereka.

Sebut saja misalnya tokopedia, traveloka, flip, halodoc, dll sudah menggunakan teknologi cloud computing ini dalam backbone nya mereka.

Perusahaan-perusahaan penyedia cloud computing juga tidak main-main dalam berinvestasi di Indonesia untuk mengambil pangsa pasar aplikasi di Indonesia.

Sebut saja dengan AWS yang membuka Region baru di Jakarta, Indonesia, pada 14 Desember 2021 bulan lalu. Beritanya di sini. Menginvestasikan sekitar 71 Triliun Rupiah dalam 15 tahun kedepan untuk region baru ini.

Atau juga kita lihat Alibaba Cloud yang telah membuka sampai 3 Data Centernya di Jakarta. Beritanya di sini. Dan tidak mau kalah, investasinya juga mencapai 403 Triliun Rupiah dalam 3 tahun kedepan. Tapi investasi ini tidak hanya untuk Indonesia, akan tetapi untuk wilayah Asia Pasifik.

Vendor lainnya seperti Oracle Cloud juga pelan-pelan tapi pasti berupaya membuka region baru mereka di Asia Tenggara. Pada 9 November 2021, mereka membuka Oracle Cloud Region baru di Singapura. Hal ini mereka lakukan untuk mengakomodasi pertumbuhan dan permintaan enterprise cloud yang sedang berkembang di Asia Tenggara.

Coba lagi kita lihat Windows Azure Cloud, yang semenjak awal tahun 2021 sudah menyatakan komitmen untuk membangun Region baru di Jakarta. Akan tetapi sepertinya masih belum ada realisasinya.

Atau seperti Google Cloud Platform yang sudah semenjak pertengahan 2020 mendirikan Region baru di Jakarta.

Sebenarnya masih banyak lagi vendor cloud lain, misalnya IBM Cloud, Huawei Cloud, Tencen Cloud, dll, yang masing-masing tentunya punya strategi dalam menginvestasikan infrastruktur cloud di Indonesia.

Yang tentunya akan sangat menguntungkan pula bagi kita sebagai tim development aplikasi dengan skema biaya, kemudahan, dan kelengkapan fitur yang disediakan.