Setelah tahapan Performing tercapai, maka tim akan berada pada puncak prestasinya.

Semua tugas akan secara cepat terselesaikan dengan baik. Komunikasi antara anggota tim juga lancar dan hubungan antara anggota tim adalah dalam bentuk saling membutuhkan.

Setelah tahapan ini, maka bisa jadi akan ada tahapan Adjourning, yaitu tahapan tim akan dibubarkan.

Penyebabnya :

  • Tugas dan tujuan dari tim sudah tercapai, dan tidak ada lagi perkembangan dari tugas dan tujuan tersebut.
  • Anggota tim perlu dipecah-pecah lagi untuk membuat beberapa tim baru lain sesuai kebutuhan dan perkembangan organisasi/perusahaan.
  • Tim dibubarkan untuk sementara waktu dengan tujuan tertentu.

Mari kita lihat dari berbagai sisi :



1. Komposisi Tim


Tim tentu saja tetap jumlahnya dan tetap komposisinya. Mereka telah bergabung lama agar bisa menjadi tim yang performing di tahapan sebelumnya.

Komposisi tim bisa jadi sudah sangat dinamis. Tugas dan tanggung jawab anggota tim bisa saja berubah-ubah, tidak melekat di satu orang saja. Anggota tim sudah terbiasa untuk bertukar peran, tugas dan tanggung jawab, asalkan bisa mencapai tujuan dan menyelesaikan tugas di dalam tim.

Tetapi dengan memasuki tahap Adjourning ini, maka tim akan dibubarkan. Artinya nama tim, anggota tim akan menjadi kenangan manis di pikiran dan hati masing-masing anggota tim, dan begitu juga dengan organisasi atau perusahaan.



2. Psikologi Tim


Sebelumnya di tahapan Performing :

Masing-masing anggota tim saling bergantung dalam hal memastikan tujuan dan tugas tim bisa tercapai maksimal

Tingkat percaya diri dari masing-masing anggota tim terhadap pekerjaannya sudah cukup tinggi dan kepercayaan terhadap anggota tim juga tinggi.

Ego dari masing-masing anggota tim sudah terkalahkan dengan ego tim atau kepentingan bersama di dalam tim.

Akibatnya di tahapan Adjouring, akan muncul :

Anggota tim akan merasakan kesedihan karena tim yang dibubarkan.

Akan tetapi juga akan muncul rasa bangga dan kepuasan terhadap performa dan prestasi yang telah dilakukan bersama degan anggota tim yang lain.



3. Tugas dan Pekerjaan Tim


Tentunya pada tahapan Adjourning ini, tidak ada lagi tugas yang banyak akan dilakukan.

Mungkin tugas-tugas terkait dengan evaluasi tim, transfer pengetahuan, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan pembentukan tim baru nantinya.

Di tahapan ini, tugas dari shared leadership, adalah untuk memastikan semua anggota tim bersama-sama merayakan prestasi tim dan tetap bersemangat untuk fase tim yang baru atau tempat baru.



4. Perilaku Tim


Dengan telah mengenal karakteristik masing-masing, maka anggota tim akan saling mengungkapkan kesan dan pesan mereka terhadap tim yang akan mereka tinggalkan.

Dan juga mereka akan bisa melakukan refleksi, saran, pendapat terhadap perbaikan untuk tim yang baru dan tim yang lama.